Rabu, 01 Februari 2012

Becoming a PROFESSIONAL COACH

Metode COACHING akhir-akhir ini mulai menjadi pilihan banyak orang ataupun organisasi bisnis untuk dijadikan 'tool' dalam pemberdayaan potensi personal maupun organisasional untuk mencapai tujuan-tujuan yang telah ditetapkan. Namun demikian masih banyak orang yang kurang memahami apa itu Coaching, kebanyakan mereka menganggap coaching itu sama saja dengan training ataupun consulting. Padahal ketiga hal tersebut adalah "binatang" yang berbeda.

Coaching, menurut ICF (International Coach Federation) di definisikan sebagai : A Partnering with clients, in thoughts-provoking, an creative process that inspires them to maximize their personal and professional potential. Dari definisi tersebut, bisa ditarik beberapa poin penting dalam coaching, yaitu : Pertama, partnering with klien. Seorang coach harus mampu menjalin hubungan kerjasama yang 'hangat' dengan kliennya. Kedua, thought-provoking. Seorang coach harus dapat melakukan provokasi-provokasi untuk membuka pikiran klien, sehingga klien mendapatkan pencerahan atau menemukan pilihan-pilihan solusi. Ketiga, creative process. Ya, karena berhadapan dengan berbagai macam perilaku dan karakter orang, seorang coach dituntut untuk kreatif dalam melakukan coaching. Orang dengan kecenderungan berbeda, butuh sentuhan ataupun stimulasi yang berbeda. Disini dibutuhkan kompetensi dan skill yang baik dari seorang coach. Keempat, maximize their personal and professional potential. Ini adalah tujuan utama dari aktifitas coaching. Tugas seorang coach adalah mendorong dan mengantarkan klien pada tujuan yang klien kehendaki dengan memberdayakan postensi yang dimilikinya.

Dari penjelasan diatas, Outcome atau result dari sebuah proses coaching adalah maximize their personal and professional client potential. Seorang coach dapat mengantarkan klien pada outcome/results yang diinginkannya apabila dapat membangun kerjasama yang baik dengan klien, mampu memberikan stimulasi-stimulasi untuk membuka tabir pikiran klien, dan dapat berlaku kreatif dengan menguasai dan memahami kecenderungan-kecenderungan (preferensi) manusia sehingga dapat memberikan stimulasi yang tepat sesuai dengan kecenderungannya tersebut. Dari sini, tampaknya tidak sulit, tetapi dalam praktiknya ternyata tidaklah semudah yang dibayangkan.

Dari pengalaman empiris kami selama melakukan business coaching pada berbagai jenis bisnis, kami menemukan formula yang sangat powerful yang dapat meningkatkan efektifitas coaching. Formula yang kami maksud adalah coaching berbasis NLP (neuro-linguistic programming). Kami menggunakan metodologi-metodologi NLP dalam coaching, dan hasilnya luar biasa. Kami dapat secara signifikan menaikkan performa bisnis klien-klien kami. Sebagai gambaran, NLP adalah Methodologi of Change, Psichology of Excellence and Technology of Achievement. Metode, formulasi dan tools NLP itulah yang kami gunakan dalam melakukan coaching. Program PROFESSIONAL COACH TRAINING (PCT) adalah sebuah program pelatihan yang kami disain secara khusus untuk mencetak coach yang handal (berbasis NLP).

Ada 3 (tiga) benefit yang bisa anda dapatkan dengan mengikuti program Professional Coach Training (PCT) ini, yakni : Pertama, anda akan menjadi 'EXCELLENT MANAGER'. Anda akan memiliki tambahan kemampuan dalam hal bagaimana mengorganisir manusia-manusia dalam tim anda, membuat keputusan-keputusan taktis maupun strategis yang terarah dan terukur, menyusun road-map bagi upaya pencapaian target usaha/organisasi anda, melakukan efisiensi, dan lain-lain. Kedua, anda akan menjadi 'EXCELLENT LEADER'. Anda akan menjadi pemimpin yang visioner, memiliki kemampuan mempengaruhi orang lain sehingga mereka bersukarela berusaha secara bersama-sama mencapai tujuan organisasi/bisnis, dapat memberikan motivasi yang tepat pada orang yang tepat, dan lain-lain. Ketiga, anda dapat menjadi 'EXCELLENT INTERNAL COACH' bagi organisasi/bisnis anda.


Jika kemudian anda juga "terpanggil" untuk menjadi pribadi yang bermanfaat bagi lebih banyak orang dengan menjadi Business Coach (pelatih bisnis), setelah menyelesaikan program Professional Coach Training (PCT) anda dapat mengikuti program Certfied Business Coach Training (CBC). Dalam program Professional Coach Training (PCT) anda akan belajar bagaimana melakukan coaching yang efektif berbasis NLP. Sedangkan dalam Certified Business Coach Training (CBC) anda akan banyak belajar tentang formula bisnis, sehingga semakin lengkap pembelajaran anda. Anda tidak sekedar menguasai teknik coaching yang efektif, tetapi anda juga mendalami berbagai macam perspektif bisnis, dengan begitu anda akan lebih siap melakukan business coaching kepada para pelaku bisnis. [RAY]


===========


JADIKAN DIRI ANDA PRIBADI YANG LEBIH BERNILAI...
Ikuti Program PROFESSIONAL COACH TRAINING (PCT)...
DAPATKAN 3 BENEFITNYA :
1. Be an EXCELLENT Manager
2. Be an EXCELLENT Leader dan
3. Be an EXCELLENT Internal Coach
bagi perusahaan Anda...
PROFESSIONAL COACH TRAINING (PCT) Angkatan 19
29 sd 31 Maret 2012, di SURABAYA (Prigen)
FASILITATOR :
Dalam program Professional Coach Training ini, anda akan dilatih oleh para Business Coach FBI (Formula Bisnisn Indonesia - For better Indonesia), Praktisi NLP, bersertifikasi Competent Coach dan Practitioner Coach (approved by ICF - International Coach Federation), telah memiliki jam terbang yang tinggi sebagai Business Coach, yang berpengalaman melakukan Business Coaching pada berbagai jenis usaha.

Investasi :
Normal : Rp. 12.500.000,-
Earlybird : Rp. 10.000.000,-
Jika anda mendaftar untuk 2 (dua) program PCT dan CBC sekaligus : Rp. 17.500.000,-


Pendaftaran dan Informasi lebih lanjut hubungi :
Formula Bisnis Indonesia : +6221 583 583 33
Sisca : +6285 8822 8822 8
Philipus : +6285 6480 7250 9