Rabu, 01 Februari 2012

INDONESIA NEEDS YOU...!!!

INDONESIA BUTUH LEBIH BANYAK "BUSINESS COACH"!!!

Data menunjukkan bahwa jumlah entrepreneur di Indonesia hanya sebesar 0.18% dari total populasi (BPS 2010). Jika penduduk indonesia sebanyak 140 juta jiwa, berarti hanya ada sekitar 250.000 entrepreneur di Indonesia! Padahal kemajuan dan kemandirian ekonomi suatu negara, salah satu parameternya minimal memiliki jumlah entrepreneur sebanyak 2% dari total populasi (berarti Indonesia harus memiliki sekitar 2.5 juta entrepreneur).

Dari katakanlah 250.000 entrepreneur yang ada sekarang, jika 1 orang Business Coach mampu meng-handle 20 perusahaan untuk meningkatkan daya saing dan performa bisnisnya, maka saat ini dibutuhkan 12.500 Business Coach!!! (Oke lah, katakanlah dari 250.000 entrepreneur tersebut hanya 20%nya saja --atau sebanyak 50.000 entrepreneur-- yang tertarik untuk meningkatkan performa bisnisnya melalui business coaching maka saat ini dibutuhkan 2.500 Business Coach! Sedangkan jumlah Business Coach yang ada di Indonesia saat ini tidak lebih dari 300 Business Coach)

MENGAPA HARUS MEMILIH MENJADI 'BUSINESS COACH' ?

Profesi Business Coach adalah satu dari sekian banyak profesi yang ada, yang bisa Anda pilih. Namun demikian, bagi Anda, pribadi yang menginginkan dirinya lebih bermanfaat bagi lebih banyak orang, profesi Business Coach adalah sebuah pilihan tepat. Dengan menjadi Business Coach, setidaknya ada 3 hal yang akan anda dapatkan :

1. Dengan menjadi Business Coach, anda akan membantu para pengusaha untuk meningkatkan daya saing dan performa bisnisnya. Dan itu akan memicu tumbuhnya entrepreneur-entrepreneur baru. Dengan demikian anda telah secara nyata berpartisipasi untuk menjadikan INDONESIA LEBIH BAIK.

2. Dengan membantu para business owner (pengusaha) dalam meningkatkan performa bisnisnya, berarti Anda telah membantu menciptakan peningkatan kesejahteraan bagi banyak orang. Bagaimana mungkin para pengusaha dapat meningkatkan kesejahteraan karyawannya (ataupun stakeholders) jika bisnisnya tidak bertumbuh secara signifikan? Bayangkan betapa berartinya hidup anda ketika anda telah mampu memberikan manfaat bagi lebih banyak orang.

3. Dengan membantu para pelaku bisnis secara profesional dalam menumbuhkan usaha mereka, anda tidak hanya mendapatkan kepuasan bathin, tetapi juga keberlimpahan secara material. Keberlimpahan materi ini menjadi "resiko" anda sebagai seorang Business Coach yang dengan sungguh-sungguh, sepenuh hati, melakukan business coaching.

BAGAIMANA PROSPEK 'BUSINESS COACHING' ?

Jika bicara tentang prospek, ada baiknya kita bicara tentang manfaat Coaching bagi para eksekutif maupun bagi para pelaku bisnis. Karena jika coaching secara nyata mampu memberikan manfaat bagi para eksekutif maupun pelaku bisnis dan hal tersebut dapat diukur secara riil, maka prospeknya menjadi lebih baik, dan akan semakin banyak pelaku bisnis yang membutuhkan Business Coaching...(Setuju?).

Olivero, Bane & Kopelman melakukan sebuah study, mereka melakukan analisis dampak Executive Coaching dibandingkan dengan Training. Mereka mendapatkan sebuah kesimpulan bahwa eksekutif perusahaan yang diberikan Training peningkatan produktifitasnya hanya sebesar 22.4%, angka tersebut jauh lebih rendah dibandingkan dengan eksekutif perusahaan yang diberikan Coaching. Eksekutif yang diberikan coaching, produktifitasnya MENINGKAT sampai 88%.

Hasil study Olivero, Bane & Kopelman tersebut diperkuat juga oleh hasil study dari Manchester Inc.'s (Busines Wire, 4 Januari 2001) yang mengambil sampel dari 100 eksekutif perusahaan untuk mengukur efektifitas dan peningkatan produktifitas ketika mereka menggunakan metode Coaching. Mereka diberikan Change-oriented Coaching dan Growth-oriented Coaching selama 6 hingga 12 bulan. Dan hasilnya :
1. Terdapat peningkatan produktifitas sebesar 53%
2. Peningkatan kualitas kinerja sebesar 48%
3. Peningkatan penguatan organisasi 48%
4. Pelayan pada pelanggan meningkat 39%
5. Penurunan tingkat komplain sebesar 34%
6. Peningkatan hubungan dengan pelanggan 37%
7. Mereduksi biaya sebesar 23%
8. Peningkatan keuntungan usaha sebesar 22%
9. Peningkatan hubungan kerja dengan atasan langsung ( pendapat 77% eksekutif)
10. Peningkatan hubungan kerja dengan supervisor 71%
11. Kerjasama Tim meningkat 67%
12. Kepuasan kerja meningkat 61%
13. Menurunkan konflik sebesar 52%
14. Meningkatkan komitmen organisasional sebesar 44%

Dari gambaran tersebut, coaching memiliki dampak yang sangat signifikan dibandingkan metode yang lain. Sehingga dengan demikian metode coaching akan menjadi pilihan bagi para pelaku bisnis untuk meningkatkan performa usahanya.

CERTIFIED BUSINESS COACH TRAINING

Berdasarkan pengalaman kami selama melakukan pelatihan bisnisn (business coaching) dan hal tersebut diperkuat oleh hasil studi tentang dampak dan efektifias coaching seperti tersebut diatas, kami telah merancang sebuah program Certified Business Coach Training (CBC) yang bertujuan mencetak para Business Coach yang kompeten. 

Syarat untuk mengikuti program Certified Business Coach Training (CBC) haruslah terlebih dahulu menyelesaikan program Professional Coach Training (PCT) yang diselenggarakan oleh PT. Formula Bisnis Indonesia - For better Indonesia. Dalam program Certified Business Coaching (CBC) peserta pelatihan akan belajar tentang Formula Bisnis Ideal, Bagaimana membangun fundamental yang kokoh dalam sebuah entitas bisnis, Bagaimana mencetak lebih banyak uang dalam bisnis, Bagaimana membangun sistem dan menciptakan mekanisme/pola yang lebih sederhana dalam bisnis, Bagaimana membuat Balance Scorecards, Bagaimana menyususn SOP/SAP dan KPI, Bagaimana menciptakan 'multiplier effect' dalam sebuah bisnis, dan lain-lain. [RAY]
CERTIFIED BUSINESS COACH TRAINING
Tanggal 12 sd 15 April 2012 di Surabaya (Prigen)
Investasi :
Normal : Rp. 12.500.000,-
Earlybird : Rp. 10.000.000,-
(jika mendaftar PCT & CBC sekaligus : Rp. 17.500.000,-)

Pendaftaran dan Informasi lebih lanjut hubungi :
Formula Bisnis Indonesia : +6221 583 583 33, Sisca : +6285 8822 8822 8, Philipus : +6285 6480 7250 9